Electronic Business, atau
"E-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara
otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi
komputer. Istilah yang pertama kali
diperkenalkan oleh Lou
Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang
dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet.
E-bisnis memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan
fleksibel. E-bisnis juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan
mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan
pelanggan secara lebih baik.
Yang menjadi salah satu
karakteristik utama pada era reformasi adalah bisnis elektronik atau yang lebih
dikenal dengan E-Bussines, model bisnis ini menekankan pertukaran informasi dan
transaksi yang bersifat paperless , melalui Electronic Data Interchange.
Popularitas E-Bussines di
penghujung abad 20 dan diawal millennium baru ditunjang oleh tiga factor pemicu
utama , Yaitu :
·
Faktor
Perekonomian Glogal
·
Faktor
Lingkungan Dan Sosial
·
Faktor Teknologi
- LAPORAN E-BISNIS.
Laporan bisnis adalah suatu laporan yang
memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas dan berisi
rencana penyajian fakta kepada seseorang atau lebih untuk tujuan bisnis
tertentu. Pada umumnya penulisan laporan bisnis digunakan untuk memenuhi
berbagai keperluan, antara lain:
·
Untuk memonitor
dan mengendalikan operasional perusahaan.
·
Untuk membantu mengimplementasikan
kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.
·
Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan
hokum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan.
·
Untuk
mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik bagi keperluan internal
maupun eksternal.
·
Untuk
menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan
keputusan-keputusan atas masalah tertentu
·
Untuk memperoleh
sumber pendanaan atau membuka bisnis baru.
- PENGGOLONGAN LAPORAN BISNIS.
·
Menurut
fungsinya,suatu laporan dibedakan apakah untuk member informasi atau analisis
·
Menurut
subjeknya, suatu laporan dapat dibedekan menurut departemen mana suatu laporan
itu diperoleh .
·
Menurut
Formalitasnya. Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal
atau nonformal. Menurut Frekuensinya. Suatu laporan dapat dibedakan atas dasar
apakah secara berkala atau khusus.
·
Menurut
Jenisnya. Suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
Laporan infomal meliputi laporan memorandum, laporan surat, dan laporan cetak.
laporan formal sering disebut dengan laporan panjang. Laporan surat merupakan
suatu laporan yang menggunakan format surat dengan kepala surat. Laporan dalam
bentuk cetakan mempunyai judul yang sudah tercetak, instruksi, baris-baris
kosong. Laporan formal biasanya lebih panjang daripada laporan informal.
·
Menurut Kegiatan Proyek. Dalam
melakukan suatu proyek, terdapat tiga jenis laporan,yaitu laporanpendahuluan,
laporan perkembangan, dan laporan akhir.
·
Menurut Pelaksanaan Pertemuan.
Laporan bisnis dapat dibedakan ke dalam agenda, resolusi, notulen, dan laporan
pertemuan.
- PERSIAPAN MEMBUAT LAPORAN.
Persiapan ,
dimana ini bagian terpentign dalam membuat laporan yang menentukan dalam segala
aspek. Ada beberapa tahapan sebelum menulis laporan E-Bisnis.antara lain.
·
Definisikah
Masalah, Tujuan, dan Ruang Lingkup. Perencanaan adalah melakukan analisis
masalah, yang mencakup tujuan penyusunan laporan.
·
Pertimbangkan
Siapa yang akan Menerima Laporan. Menentukan Ide atau Gagasan. Tuliskan semua
ide yang terlintas secara umum. Kemudian buatlah laporan berdasarkan rencana
kerja yang rinci.
·
Mengumpulkan
Bahan yang Diperlukan. Mengumpulkan fakta yang diperlukan dari sumber-sumber
yang dapat dipercaya.
·
Menganalisis dan Menafsirkan Data.
·
Mengorganisasi Data dan Mempersiapkan Kerangka Akhir
- BAGIAN POKOK LAPORAN E-BISNIS.
1. Pendahuluan
Dalam bagian pendahuluan terdapat hal yang perlu
dipertimbangkan, antara lain:
·
Pemberi kuasa
·
Layout atau presentasi
·
masalah
·
Maksud
·
Ruang lingkup
·
Metodologi
·
Sumber-sumber
·
Latar belakang
·
Definisi istilah
·
Keterbatasan
·
Rekomendasi
2. Teks
Berisi tulisan yang menjelaskan laporan
E_BISNIS Bagian terpanjang dari suatu laporan bisnis adalah isi teks
3. Penutup
Bagian penutup berfungsi untuk merangkum laporan secara
menyeluruh, mengambil kesimpulan, atau memberi rekomendasi.
· Rangkuman
· Kesimpulan
· Rekomendasi
· Rencana
Tindakan
· Propososisi
- CARA MENYUSUSN TUBUH LAPORAN BISNIS.
Ada
dua cara yang dapat diguanakan untuk menyusun tubuh laporan bisnis, yaitu cara
Deduktif (langsung) dan induktif (tak langsung). Kebanyakan laporan bisnis
disusun secara deduktif karena pembaca ingin tahu lebih dini mengenai
kesimpulan dan rekomendasi laporan bisnis. Cara Menyususn Teks Laporan Bisnis.
Cara mengembangkan teks dengan berbagai cara berikut ini:
· Membuat
Topik-topik atau Kriteria
· Menyusun
Urutan suatu Peristiwa atau Kejadian-kejadian
· Mendeskripsikan
Lokasi atau Tempat
· Menjelaskan
suatu Proses atau Prosedur
· Menyusun
Urutan Tingkat Pentingnya secara Alfabet
· menyusun
Urutan Tingkat Familiaritas
· Menyusun
Sumber-sumber yang Digunakan
· Pemecahan
Masalah
METODE
KERANGKA
· Jenis-jenis
Judul
Judul topik (topic headings), Judul kalimat
(complete sentence headings), Judul kalimat imperatif (imperative sentence
headings), Judul varian (variant headings)
· Format
Kerangka
· Paralelisme
dalam Judul
- KONDISI YANG MENENTUKAN JIKA PENJUALAN ATAU PEMBELIAN SEBAGIAN BESAR PENGHEMATAN BIAYANYA DARI E-BISNIS
1. Jenis Usaha
Langkah awal, tentukan jenis usaha yang bisa mendatangkan uang, misalnya menjual produk jasa, informasi, iklan, atau menjajakan produk orang lain. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana persaingan bisnis dan di mana penekanan bisnis Anda. Apakah Anda lebih mengutamakan harga, kualitas, servis, atau selling point lainnya.
2. Nama komersial
Nama bagus biasanya pendek, mudah diingat, dan mencerminkan bisnis yang digeluti. Prinsip sama berlaku pada bisnis online. Nama domain Anda adalah nama yang akan dikenal di dunia maya. Jadi, pilihlah nama yang mudah diingat, pendek, gampang diucapkan, dan sebisa mungkin mncerminkan bisnis Anda agar konsumen akan mengingatnya, mengejanya dengan benar, dan menuliskan di web browser mereka.
3. Sewa Tempat
Banyak website memberikan informasi mengenai cara membuat, mendesain, dan memasang website di internet. Anda bisa membuatnya sendiri atau menyewa orang lain untuk melakukannya. Anda juga harus memilih web hot untuk menempatkan website Anda jadi “tuan tanah” alias pemilik domain tepercaya. Anda pasti tak ingin kehilangan pelanggan karena “toko” sering ditutup dalam rangka perbaikan, bukan? Web host yang bagus menawarkan jaminan selalu buka, bisa mengatasi traffic pengunjung yang padat, menjawab pertanyaan Anda dengan cepat, dan fasilitas menarik lain.
4. Toko Segala Ada
Coba pikirkan apa yang akan Anda lakukan dengan toko offline? Anda akan mendesain semenarik mungkin dan memudahkan konsumen menemukan yang mereka cari. Toko online yang bagus akan menjadi tempat menyenangkan untuk dijelajahi dan memberi kemudahan mencari barang yang diinginkan, misal dengan fasilitas search engine atau mesin pencari.
Desain website harus mencerminkan image atau produk yang Anda jual. Misalnya profesional, hip, upscale, dan lain-lain. Jika toko offline menawarkan pengecekan barang, menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debet (transfer), dan punya kebijakan mengembalikan barang bila ada kerusakan, maka toko online sedianya memberikan fasilitas-fasilitas tersebut.
5. Gencar Promosi
Agar banyak dikunjungi, Anda perlu berpromosi. Misalnya, memasukkan web ke search engine, berpromosi di iklan baris, dan undang orang lain untuk masuk ke web Anda. Bisa juga dengan saling bertukar banner dengan web lain atau dengan membeli space banner di web yang banyak pengunjung. Jika ingin gratisan, cukup tulis alamat web di signature setiap mengirim e-mail. Atau, Anda bisa ikut aktif dalam berbagai grup diskusi atau forum dengan tak lupa menulis web signature.
6. Puaskan Pelanggan
Toko yang sukses pastinya memiliki customer service yang bagus. Nah, agar toko online Anda bisa memuaskan konsumen atau pelanggan, berikan berbagai fasilitas berupa informasi online, menjawab pertanyaan dengan cepat, cara pemesanan dan pembayaran mudah, pengiriman cepat dan menerima pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan.
Informasi dan barang harus selalu update, mempercantik website dan selalu memerhatikan dari mana saja para pengunjung ini datang serta apa yang mereka lakukan dengan website Anda. (*kompas.com)
Referensi :
http://cia-worls.blogspot.com/2011/12/elektronik-business-system.html
http://epolebusiness.wordpress.com/
http://ichachayankibuu.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar